Senin, 12 Desember 2011

Menciptakan Kedamaian di Desa Kwamki Lama( Timika_Papua)

Kwamki Lama adalah sebuah desa yang dihuni sebagian besar oleh berbagai suku yang berasal dari pegunungan dan pantai yang memiliki rasa kebersamaan dan kekelargaan. sebelum Kwamki Narama mengalami berbagai konflik , Kwamki Narama sebelumnya adalah Desa yang aman, damai, dan penuh rasa kekeluargaan.. Dimana setiap instans saling mendukung dan bersatu hati mewujudkan Kwamki Naram yang bebas dari konflik yang berkepanjangan.

Namun, setelah adanya berbagai konflik yang terjadi antara lain perang suku , karena tanah, karena perempuan merupakan masalah yang sering terjadi di desa ini sehingga banyak penghuni Kwamki Naram yang merasa tertekan, dihimpit dalam masalah- masalah seperti ini. Karena penduduk setempat yang lain merasa takut,maka ada yang berpindah dari Kwamki Naram ke Timika mencari Rumah yang layak dan bisa digunakan sebagai tempat yang lebih nyaman.

Sehubungan dengan itu, Masalah-masalah yang terjadi ini sebenarnya bisa diatasi dengan baik jika ada pihak-pihak tertentu yang mengarahakan Tokoh-tokoh masyarakat, pemerintahan yang ada, dan para hamba Tuhan untuk memberi pemahaman dan pengertian yang benar kepada masyarakat yang ada.

Karena berbagai pihak sudah mencoba dan belum berhasil, Maka Mahasiswa dan Mahasiswi yang berasal atau Lahir besar di Kwamki Narama merasa peduli dengan lingkungan dan situasi di Kwamki Narama, Pada saat ini Mahasiswa dan Mahasiswi Kwamki Naram ingin mewujudkan keinginan agar masyarakat diberi pengertian dan pemahaman yang benar mengenai masalah-masalah ini agar bisa diselesaikan dengan baik. Dengan demikian banyaklah kegiatan yang dibuat untuk mewujudkan impian tersebut.
Awax Beokinal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar